Langsung ke konten utama

Media Belajar Permainan Matematika Bab Himpunan #MathMate

Copy-Paste - Belajar matematika umumnya tidak menjadi hal yang disenangi anak-anak. Sejak dulu sampai sekarang. Masalahnya apa? Matematika adalah pelajaran mengenai aturan-aturan bilangan yang kesemua konsepnya hanya ada di kepala, alias ABSTRAK. Padahal tahap berpikir siswa hingga usia SMP belum sampai sana. Oleh karena itu, belajar matematika membutuhkan alat-alat yang menjadi jembatan berpikir siswa sekaligus menjadi penarik minat siswa. Haruskah canggih? Rumit? Tidak.

Minggu lalu kelas yang saya ampu sedang mempelajari bab himpunan. Saya berfikir keras bagaimana caranya agar siswa-siswa saya mau belajar semua. Akhirnya saya dapat ide sederhana untuk menggunakan gambar-gambar lucu dari internet. Saya ingin mereka mempelajari himpunan dari alam yaitu himpunan hewan. Akhirnya sehari sebelum pembelajaran saya cari gambar hewan di internet dan saya print out berwarna di kertas hvs. Karena saya ingin gambar-gambar ini bisa dipakai berkali-kali, saya laminasi kertasnya dengan lakban. Selain itu, saya siapkan lembar kerja kelompok yang cukup sederhana agar pembelajaran lebih terarah.

Hari Pelaksanaan 

Esoknya, saya sampaikan sedikit materi yang harus mereka pahami dulu, seperti himpunan kosong, himpunan semesta dan cara menggambar diagram venn. Saya sampaikan hanya sebentar saja sekitar 15 menit. Kemudian saya lanjutkan dengan membagi kelompok dan membagikan lkk beserta gambar-gambar yang sudah saya siapkan.

Awalnya saya khawatir mereka tidak begitu tertarik karena gambar yang saya siapkan sedikit kekanakan sedangkan mereka semuanya laki-laki. Tetapi ternyata tidak. Alhamdulillah mereka tertarik dan berperan aktif mengerjakan lkk menggunakan gambar-gambar tersebut. Beberapa siswa yang sering tidak mengikuti instruksi saya saat belajar juga saya lihat berperan, siswa yang sering mengantuk pun begitu.

Dari situ, saya bisa lihat bahwa sebenarnya tidak perlu hal rumit untuk menarik siswa belajar matematika, sedikit usaha dan niat baik dari guru sangat bisa bermanfaat.

Ini dokumentasi saat belajar :)





Yang menariknya lagi, setelah kelas berakhir beberapa siswa meminta gambar-gambar yang tadi dipakai, dan ada celetukan "bu, ibu jualan ginian (gambar-gambar) aja.", dalam hati saya bilang "Hah? Ngapain saya jadi jualan?" :D

Adinda Kamilah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Super Mudah Memahami Kesebangunan Trapesium (part 1) #MathMate

Copy-Paste - Pada bab kesebangunan ada beberapa bangun datar yang umum digunakan, di antaranya kesebangunan segitiga dan jajargenjang. Bisa dikatakan kesebangunan segitiga dan jajargenjang cukup mudah dibandingkan kesebangunan pada trapesium. Ada dua trapesium yang akan diulas di blog ini yaitu trapesium siku-siku dan trapesium sembarang. Trapesium Siku-Siku Bagaimana perbandingan sisi-sisi pada trapesium siku-siku? Biasanya yang diketahui adalah salah satu panjang ruas garis CD atau EF atau AB dan diketahui perbandingan sisi DE dan EA atau perbandingan sisi CF dan FB. Kita bisa gunakan kesebangunan segitiga pada masalah ini. Tambahkan beberapa garis seperti pada gambar di bawah. Sekarang, bisa kita lihat bahwa AQCD membetukmepersegi panjang, akibatnya CD = PE = QA.  Selain itu, segitiga CPF sebangun dengan segitiga CQB. Artinya, kita punya perbandingan sebagai berikut: Jadi, didapatkan persamaan sebagai berikut: atau Bagaimana? Cukup mudah bukan? Contoh soal

Permainan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel #MathMate

Copy-Paste - Suasana kelas belakangan ini sangat lesu, anak-anak tidak terlalu memperhatikan penjelasan dan malas-malasan mengerjakan tugas. Dalam keadaan seperti ini, saya dituntut untuk membangkitkan semangat mereka lagi. Sudah berhari-hari puter otak mencari ide, di kepala, di internet, hasilnya nihil. Eh, suatu malam saat sedang nutor online ada siswa bertanya soal dalam bentuk teka-teki yang cukup menarik. Wah, ilham datang dari mana saja yaa. Ya sudah saya eksekusi, bikin lembar kerja kelompok dalam bentuk teka-teki untuk latihan soal materi sistem persamaan linear dua variabel. Di soal yang siswa saya tanya ada beberapa SPLDV yang tidak tepat jawabannya saya utak-atik sedikit dulu deh.  Begini hasil utak-atik dan ketik ulang teka tekinya. Bisa dibilang levelnya mudah ya.  Bagaimana reaksi siswa saat diberikan tugas ini? Alhamdulillah bersemangat. Karena kegiatannya mandiri dan berkelompok saya persilahkan siswa untuk mengerjakan di luar kelas. Belum saya jelaskan c

Ternyata Matematika Ada dalam Hadits Rasulullah #MathMate

Copy-Paste - Jika kalian berpikir bahwa matematika itu hanya ada di buku maka kalian keliru. Matematika sangat dekat dengan kita dalam kehidupan. Setelah mempelajari matematika ternyata kita dapat 'melihat' matematika dalam berbagai hal di sekitar kita salah satunya pada Hadits Rasulullah صلى الله عليه وسلم mengenai orang yang bangkrut. Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Muslim menceritakan tentang definisi orang bangkrut menurut Islam. Hadits itu berbunyi: أَتَدْرُوْنَ مَا الْمُفْلِسُ؟ قَالُوْا: الْمُفْلِسُ فِيْنَا مَنْ لاَ دِرْهَمَ لَهُ وَلاَ مَتَاعَ. فَقَالَ: إِنَّ الْمُفْلِسَ مِنْ أُمَّتِي مَنْ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِصَلاَةٍ وَصِيَامٍ وَزَكَاةٍ، وَيَأْتِي قَدْ شَتَمَ هَذَا وَقَذَفَ هَذَا وَأَكَلَ مَالَ هَذَا وَسَفَكَ دَمَ هَذَا وَضَرَبَ هَذَا، فَيُعْطَى هَذَا مِنْ حَسَنَاتِهِ وَهذَا مِنْ حَسَنَاتِهِ. فَإِنْ فَنِيَتْ حَسَنَاتُهُ قَبْلَ أَنْ يُقْضَى مَا عَلَيْهِ، أُخِذَ مِنْ خَطَايَاهُمْ فَطُرِحَتْ عَلَيْهِ ثُمَّ طُرِحَ فِي النَّارِ "Tahukah kalian sia