Langsung ke konten utama

Wisata Museum Pendidikan Nasional Indonesia Bandung: Perjalanan Lintas Waktu Pendidikan di Indonesia

Sumber gambar: dokumen pribadi
"Kunjungan ke museum tidak sekedar memberikan hiburan, tetapi lebih dari itu. Ia memberikan hikmah dan pelajaran akan perjalanan waktu kehidupan manusia."

Copy-Paste - Museum pendidikan nasional Indonesia merupakan salah satu museum terbaru di Kota Bandung. Museum ini berada di salah satu kampus universitas pendidikan terbaik di Indonesia yaitu Universitas Pendidikan Indonesia. Museum ini diresmikan pada 2 Mei 2015 yang bertepatan dengan hari pendidikan nasional. Bangunan museum yang terbilang megah dibandingkan museum-museum lainnya di kota kembang ini menjadi salah satu tujuan wisata Bandung yang menarik. Harga tiket masuknya pun murah yaitu lima ribu rupiah untuk setiap pengunjung. Museum ini dibuka setiap hari senin-jum'at pada jam 09.00-15.00. 


Koleksi di museum ini ditata sedemikian sehingga pengunjung dapat merasakan perjalanan perkembangan pendidikan di Indonesia. Pertama, pengunjung akan disuguhi koleksi-koleksi dari jaman pra aksara kemudian pendidikan jaman aksara, pendidikan berbasis agama dan selanjutnya tiap lantai dengan jaman yang berbeda sampai pada pendidikan saat ini. Meskipun museum ini bertingkat-tingkat tetapi pengunjung tidak akan merasa lelah karena desainnya membuat pengunjung menaiki setiap lantainya secara bertahap dengan memutari ruangan-ruangannya. 

Pendidikan Jaman Pra Aksara

Pendidikan jaman pra aksara di Indonesia sangat berbeda dari pendidikan saat ini. Pendidikan pada waktu itu bersifat praktis yaitu pendidikan mengenai hal-hal yang diterapkan dan dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari seperti berburu. Oleh karena itu, koleksi yang dipajang pada bagian ini adalah benda-benda yang digunakan serta tradisi berburu pada waktu itu. Seperti yang terlihat pada gambar adalah ilustrasi bagaimana seorang anak dilatih berburu oleh orang tuanya. Tetapi, tidak cukup banyak peninggalan sejarah dari pendidikan jaman pra aksara yang dapat diabadikan di museum ini.
Sumber gambar: dokumen pribadi
Setelah pendidikan jaman pra aksara, disajikan peninggalan sejarah dari pendidikan jaman aksara. Koleksi pada bagian ini berupa alat dan media tulis dari awal jaman aksara.

Pendidikan Berbasis Agama
Sebelum memasuki jaman kolonial, pendidikan di Indonesia lebih dahulu diwarnai oleh pendidikan berbasis agama. Pendidikan berbasis agama pada umumnya dipusatkan di tempat-tempat peribadatan dan konten pendidikannya dikhususkan pada pendidikan keagamaan. Salah satu tempat peribadatan yang dijadikan pusat pendidikan pada saat itu adalah masjid menara kudus.
Sumber gambar: dokumen pribadi
Selain tempat peribadatan, pada bagian ini juga ditampilkan beberapa dokumen peninggalan dari pendidikan berbasis agama.
Sumber gambar: dokumen pribadi
Pendidikan Jaman Kolonial
Pendidikan jaman kolonial diwarnai oleh pendidikan Belanda. Sekolah pada jaman ini bukan merupakan konsumsi seluruh orang melainkan istimewa bagi putra-putri koloni, keturunan tionghoa dan pribumi golongan konglomerat. Sekolah untuk tiga peruntukan itu juga dibedakan. Koleksi dari pendidikan jaman kolonial adalah kisah bagaimana sistem pendidikan pada saat itu, juga beberapa foto dari kegiatan pendidikan jaman kolonial.

Pendidikan Jaman Pendudukan Jepang

Pendidikan jaman pendudukan Jepang tidak banyak berpengaruh pada pendidikan di Indonesia dibandingkan pendidikan jaman kolonial, mengingat jaman kolonial berlangsung selama lebih dari 3,5 abad sedangkan pendudukan Jepang hanya selama 3,5 tahun. Pada jaman pendudukan Jepang, sudah banyak sekolah-sekolah yang didirikan oleh pribumi dan diperuntukkan untuk pribumi. Sekolah-sekolah ini sebenarnya sudah didirikan sejak akhir dari jaman kolonial. 

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba https://review.bukalapak.com/c/travel

Pendidikan Jaman Kemerdekaan Hingga Reformasi

Memasuki jaman kemerdekaan, Indonesia mulai menata sistem pendidikannya sendiri. Sebagaimana negara bekas pendudukan penjajah lainnya, pendidikan di Indonesia pada awal kemerdekaan masih banyak mengadopsi sistem pendidikan penjajah.

Ada banyak sejarah tokoh pendidikan Indonesia yang disajikan. Selain itu, juga terdapat patung yang melambangkan bagaimana sosok guru pada jaman ini. Seperti pada gambar, terlihat sosok guru dengan seragamnya yang rapih dan menggunakan sepeda.
Sumber gambar: dokumen pribadi
Setelah menampilkan perjalanan pendidikan di Indonesia dari jaman ke jaman, museum pendidikan nasional Indonesia menyajikan perjalanan pendidikan yang lebih khusus, yaitu pendidikan di Jawa Barat, sejarah Universitas Pendidikan Indonesia dan jajaran menteri pendidikan Indonesia dari waktu ke waktu.

Pendidikan di Jawa Barat
Salah satu sejarah pendidikan di Jawa Barat adalah sekolah keutamaan istri yang didirikan oleh Dewi Sartika pada tahun 1910. Selain itu, ada beberapa tokoh lain di Jawa Barat dan peninggalan pendidikan yang disajikan pada bagian ini namun tidak terdokumentasikan oleh saya.
Ilustrasi Sakolah Kaoeutamaan Istri.
Sumber gambar: dokumen pribadi
Masih ada beberapa koleksi lain yang disajikan di museum pendidikan nasional Indonesia ini. Suasana museum yang sunyi menjadikan kita dapat dengan nyaman menyaksikan sejarah pendidikan di Indonesia yang disajikan di sini. Oleh karena itu, untuk dapat menikmati keseluruhan koleksi sejarah yang disajikan lebih baik pembaca mengunjungi sendiri museum ini.

Semoga bermanfaat!


Artikel ini diikutsertakan dalam lomba https://review.bukalapak.com/c/travel

Adinda Kamilah

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Super Mudah Memahami Kesebangunan Trapesium (part 1) #MathMate

Copy-Paste - Pada bab kesebangunan ada beberapa bangun datar yang umum digunakan, di antaranya kesebangunan segitiga dan jajargenjang. Bisa dikatakan kesebangunan segitiga dan jajargenjang cukup mudah dibandingkan kesebangunan pada trapesium. Ada dua trapesium yang akan diulas di blog ini yaitu trapesium siku-siku dan trapesium sembarang. Trapesium Siku-Siku Bagaimana perbandingan sisi-sisi pada trapesium siku-siku? Biasanya yang diketahui adalah salah satu panjang ruas garis CD atau EF atau AB dan diketahui perbandingan sisi DE dan EA atau perbandingan sisi CF dan FB. Kita bisa gunakan kesebangunan segitiga pada masalah ini. Tambahkan beberapa garis seperti pada gambar di bawah. Sekarang, bisa kita lihat bahwa AQCD membetukmepersegi panjang, akibatnya CD = PE = QA.  Selain itu, segitiga CPF sebangun dengan segitiga CQB. Artinya, kita punya perbandingan sebagai berikut: Jadi, didapatkan persamaan sebagai berikut: atau Bagaimana? Cukup mudah bukan? Contoh soal

Permainan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel #MathMate

Copy-Paste - Suasana kelas belakangan ini sangat lesu, anak-anak tidak terlalu memperhatikan penjelasan dan malas-malasan mengerjakan tugas. Dalam keadaan seperti ini, saya dituntut untuk membangkitkan semangat mereka lagi. Sudah berhari-hari puter otak mencari ide, di kepala, di internet, hasilnya nihil. Eh, suatu malam saat sedang nutor online ada siswa bertanya soal dalam bentuk teka-teki yang cukup menarik. Wah, ilham datang dari mana saja yaa. Ya sudah saya eksekusi, bikin lembar kerja kelompok dalam bentuk teka-teki untuk latihan soal materi sistem persamaan linear dua variabel. Di soal yang siswa saya tanya ada beberapa SPLDV yang tidak tepat jawabannya saya utak-atik sedikit dulu deh.  Begini hasil utak-atik dan ketik ulang teka tekinya. Bisa dibilang levelnya mudah ya.  Bagaimana reaksi siswa saat diberikan tugas ini? Alhamdulillah bersemangat. Karena kegiatannya mandiri dan berkelompok saya persilahkan siswa untuk mengerjakan di luar kelas. Belum saya jelaskan c

Ternyata Matematika Ada dalam Hadits Rasulullah #MathMate

Copy-Paste - Jika kalian berpikir bahwa matematika itu hanya ada di buku maka kalian keliru. Matematika sangat dekat dengan kita dalam kehidupan. Setelah mempelajari matematika ternyata kita dapat 'melihat' matematika dalam berbagai hal di sekitar kita salah satunya pada Hadits Rasulullah صلى الله عليه وسلم mengenai orang yang bangkrut. Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Muslim menceritakan tentang definisi orang bangkrut menurut Islam. Hadits itu berbunyi: أَتَدْرُوْنَ مَا الْمُفْلِسُ؟ قَالُوْا: الْمُفْلِسُ فِيْنَا مَنْ لاَ دِرْهَمَ لَهُ وَلاَ مَتَاعَ. فَقَالَ: إِنَّ الْمُفْلِسَ مِنْ أُمَّتِي مَنْ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِصَلاَةٍ وَصِيَامٍ وَزَكَاةٍ، وَيَأْتِي قَدْ شَتَمَ هَذَا وَقَذَفَ هَذَا وَأَكَلَ مَالَ هَذَا وَسَفَكَ دَمَ هَذَا وَضَرَبَ هَذَا، فَيُعْطَى هَذَا مِنْ حَسَنَاتِهِ وَهذَا مِنْ حَسَنَاتِهِ. فَإِنْ فَنِيَتْ حَسَنَاتُهُ قَبْلَ أَنْ يُقْضَى مَا عَلَيْهِ، أُخِذَ مِنْ خَطَايَاهُمْ فَطُرِحَتْ عَلَيْهِ ثُمَّ طُرِحَ فِي النَّارِ "Tahukah kalian sia